Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Cara membersihkan sepatu suede dan aksesori berbahan suede

Cara membersihkan sepatu suede dan aksesori berbahan suede

Diposting pada 20 August 2016 oleh admin

Cara membersihkan sepatu suede dan aksesori berbahan suede

Bahan kulit suede bersifat sensitif terhadap cairan sehingga mudah menampakkan bercak. Simak cara penanganan dan perawatan aksesori berbahan suede di sini.

Rekomendasi kami

Pakaian dan aksesori berbahan kulit suede Anda tidak harus selalu berumur pendek. Dengan metode parawatan, peralatan, dan produk pembersih suede yang tepat, Anda bisa membuat barang-barang berbahan suede kesayangan Anda kembali terlihat seperti baru dan tahan lama.

Dibandingkan dengan bahan kulit biasa, kulit suede memiliki tekstur lebih lembut dan lebih rentan rusak. Selain itu, bahan suede juga lebih cepat menjadi kotor dan lebih sulit dibersihkan. Oleh karenanya, bahan ini memerlukan cara perawatan tersendiri, terutama jika terkena noda. Produk pembersih yang mengandung sabun untuk bahan kulit biasa justru akan memperparah noda pada bahan suede. Cara merawat sepatu kulit suede dan aksesori berbahan suede lainnya dijelaskan pada bagian selanjutnya dalam artikel ini.

Cara membersihkan sepatu suede

Cara membersihkan sepatu suede

Menghilangkan bercak noda pada sepatu berbahan suede tidak bisa hanya dengan cara membersihkan bagian bercak itu saja, terutama jika menggunakan air. Jika tidak berhati-hati, air malah bisa meninggalkan noda tersendiri yang lebih parah karena perubahan warna yang ditimbulkannya pada sepatu suede. Hal ini bukan berarti Anda tidak dapat memakai air sama sekali untuk membersihkan bahan suede. Anda hanya perlu mengetahui cara membersihkan sepatu suede dengan cairan pembersih yang tepat. Selain itu, sikat sepatu suede yang berkualitas juga merupakan alat esensial bagi para pemilik sepatu suede. Berikut ini cara membersihkan sepatu suede tanpa merusak bahannya:

  • Singkirkan kotoran pada permukaan sepatu menggunakan sikat sepatu suede. Langkah ini akan meningkatkan efektivitas kerja produk pembersih suede nantinya. Sikat sepatu searah dengan serat bahan suede.
  • Pada bagian sepatu yang agak kasar, sikatlah dengan gerakan maju-mundur untuk menghilangkan serat-serat yang lepas.
  • Noda membandel perlu ditangani dengan bantuan air, namun jangan hanya membersihkan bagian yang bernoda saja. Bersihkan seluruh permukaan sepatu supaya kalau terjadi perubahan warna tidak akan terlalu terlihat karena terjadi secara merata.
  • Gunakan sikat sepatu suede yang agak basah untuk menyikat seluruh permukaan sepatu. Agar bentuk sepatu tidak berubah, masukkan pengganjal sepatu atau gumpalan kertas ke dalam sepatu lalu biarkan sepatu hingga kering secara alami. Jangan gunakan koran bekas karena tintanya dapat luntur mengenai sepatu Anda.
  • Untuk menghilangkan bercak noda yang mengandung garam—misalnya dari makanan atau minuman—manfaatkan sedikit cuka. Bau cuka mungkin akan bertahan selama jangka waktu tertentu, tetapi lama-kelamaan akan hilang.
Pembersih suede

Cara membersihkan jaket dan aksesori suede

Cara membersihkan jaket dan aksesori berbahan suede kurang lebih mirip dengan cara membersihkan sepatu suede. Meski demikian, ada beberapa perbedaan metode penanganan dan produk pembersih. Berikut ini tahap-tahapnya:

  • Mulailah dengan menyikat permukaannya memakai sikat khusus suede untuk menyingkirkan kotoran dan memberi akses bagi produk pembersih untuk mencapai noda.
  • Untuk menghilangkan noda, terutama noda minyak atau keringat, oleskan tipis tepung maizena pada bagian yang bernoda dan diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Tepung maizena akan menyerap noda dan mengangkatnya keluar dari bahan suede. Singkirkan sisa-sisa tepung memakai sikat khusus bahan suede.
  • Metode penguapan juga ampuh untuk menghilangkan noda dari jaket suede, tetapi berhati-hatilah jangan sampai membuat bahannya terlalu basah. Salah satu cara menguapi pakaian atau aksesori berbahan suede adalah dengan menggantungnya di kamar mandi yang penuh uap dari seember air panas.
  • Kalau cara-cara di atas tidak cukup ampuh menghilangkan noda pada barang-barang suede Anda, dapatkan produk pembersih suede yang lebih kuat. Sama seperti air, gunakan cairan pembersih suede secara merata, bukan hanya pada bercak noda.

Petunjuk: Bahan kulit suede dan bahan kain beludru sekilas tampak mirip tetapi keduanya tidak terkait sama sekali. Dengan demikian, cara perawatan masing-masing berbeda. Jangan terapkan metode dalam artikel ini untuk membersihkan aksesori atau pakaian berbahan kain beludru.

Cara merawat sepatu berbahan suede

Lebih baik merawat daripada menangani kerusakannya. Kalau Anda ingin sepatu dan aksesori berbahan suede Anda terawat, jangan biarkan barang-barang tersebut sampai benar-benar kotor. Berikut ini beberapa tips merawat sepatu suede dan barang-barang serupa lainnya:

  • Gunakan produk pelindung suede. Produk ini tersedia di hampir semua toko sepatu dan berfungsi sebagai tabir pelindung dari kotoran dan noda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan atau semprotkan produk ini langsung pada barang-barang berbahan suede yang baru dibeli dan setiap kali setelah barang-barang tersebut dibersihkan. Walau membantu mengurangi kotoran yang menempel pada bahan suede, produk ini tidak mencegah penumpukan kotoran pada permukaan suede.
  • Jaga agar selalu kering. Cek ramalan cuaca sebelum meninggalkan rumah. Bahan suede sebaiknya tidak dikenakan pada saat hujan, jadi pilih sepatu atau pakaian yang lebih tahan air pada saat cuaca buruk.

Bagikan informasi tentang Cara membersihkan sepatu suede dan aksesori berbahan suede kepada teman atau kerabat Anda.

Cara membersihkan sepatu suede dan aksesori berbahan suede | Adorable Projects

Belum ada komentar untuk Cara membersihkan sepatu suede dan aksesori berbahan suede

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan